MENGOPTIMALKAN POTENSI PESISIR UNTUK PERIKANAN BERKELANJUTAN

 

 

 

 

Bandar Lampung, 20 Juli 2022 – Seminar Ishikawa “Mengoptimalkan Potensi Pesisir Untuk Perikanan Berkelanjutan”

Program studi Budidaya perikanan, Teknologi Pembenihan Ikan dan Perikanan Tangkap Politeknik Negeri Lampung kembali berkolaborasi menyelenggarakan Seminar bertempat di gedung serba guna Politeknik Negeri Lampung. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari perjanjian kerjasama antara POLINELA dengan Japan Fisheries Association (JFA). Kali ini, kegiatan ditujukan bagi seluruh civitas akademika perikanan baik dari POLINELA maupun instansi lain yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.

Seminar dengan narasumber Taku Shimamoto selaku General Manager dari Ishikawa Prefectural of Fisheries Co-Operative Associations (JF Ishikawa) ini dihadiri juga oleh pimpinan – pimpinan dari berbagai instansi yaitu Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Prov. Lampung, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Lampung, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Kota Agung, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Kupang dan PT OS Selnajaya Indonesia.

Acara diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan dari Direktur Polinela, Bapak Dr. Ir. Sarono, M.Si. Beliau menyatakan sektor perikanan memiliki potensi yang sangat besar. “Diharapkan semua dapat saling bahu membahu bersinergi meningkatkan kapasitas serta kemampuan dalam mengembangkan perikanan” pesan Bapak Dr. Ir. Sarono, M.Si. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Masashi Kigami, Direktur Japan Fisheries Association (JFA), Dr. Bambang Suprakto, A.Pi., S.Pi., M.T., Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan dan sambatuan dari  Ir. Liza Derni, M.M. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Prov. Lampung.

Pemaparan materi dari Narasumber berisi tentang kontribusi pengembangan sumber daya manusia di industri perikanan  dalam memecahkan masalah pangan global. Disampaikan juga bahwa mengelola sumber daya perikanan dengan tepat merupakan hal utama yang perlu dilakukan untuk keberlanjutan industri perikanan. Selain menjelaskan mekanisme pengelolaan sumber daya perikanan, pada seminar ini juga disampaikan mengenai upaya pengelolaan sumber daya perikanan di Prefektur Ishikawa. Dijelaskan bahwa di Prefektur Ishikawa ada berbagai metode penangkapan ikan yang dikembangkan karena dilatarbelakangi karena disana ada daerah penangkapan ikan yang strategis untuk menangkap berbagai macam jenis ikan. Pada seminar ini juga disampaikan bagaimana cara Prefektur Ishikawa mengelola dan memanfaatkan sumber daya perikanan secara efektif agar bisa terus berkelanjutan. Seminar ini selain meningkatkan pengetahuan pengelolaan sumberdaya perikanan juga membuka peluang bagi mahasiswa ataupun alumni yang ingin dapat bekerja di  Prefektur Ishikawa, Jepang yang dijembatani oleh JFA dan PT OS Selnajaya Indonesia. NF

 

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *