Seleksi Mahasiswa Baru Polinela Jalur RPL Lanjut Jenjang

Deskripsi :

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Lanjut Jenjang di Politeknik Negeri Lampung merupakan proses pengakuan terhadap capaian pembelajaran/hasil belajar dari pendidikan formal di program studi/perguruan tinggi lain ke program studi di Politeknik Negeri Lampung. RPL terhadap hasil belajar yang berasal dari pendidikan formal di perguruan tinggi sama dengan proses alih kredit (credit transfer). Penerimaan mahasiswa Jalur Lanjut Jenjang dilakukan melalui evaluasi terhadap transkrip nilai dan silabus / capaian pembelajaran setiap mata kuliah dengan menyandingkan terhadap capaian pembelajaran mata kuliah di program studi. Hasil proses penerimaan mahasiswa Jalur Lanjut Jenjang adalah daftar mata kuliah yang diakui dan dinyatakan lulus pada program studi serta mata kuliah yang harus di ambil melalui pembelajaran di program studi yang dituju di Politeknik Negeri Lampung. Mata kuliah yang tidak lulus dapat diambil melalui kegiatan pembelajaran pada setiap semester. Setelah memperoleh pengakuan atas jumlah sks yang dapat ditransfer dan mata kuliah apa saja yang dibebaskan, individu yang bersangkutan dapat melanjutkan pendidikannya di program studi yang dilamar dan bila menyelesaikan pendidikan tersebut, pemohon dapat memperoleh Ijazah.

Tujuan :

Tujuan dari Lanjut Jenjang ini untuk memfasilitasi mahasiswa yang pindah dari satu program studi ke program studi lainnya karena alasan perpindahan lokasi dan lainnya atau mahasiswa yang melanjutkan ke jenjang level KKNI yang lebih tinggi.

Biaya Pendaftaran :

Berikut ini merupakan besaran dan ketentuan biaya pendaftaran, yaitu:

  • Biaya Pendaftaran sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)
  • Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Persyaratan Umum :

  • Memiliki Akun PMB Polinela
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Lulusan program studi Diploma III yang linear dengan program studi yang dituju (dinyatakan dengan Ijasah dan transkrip yang terlegalisir)
  • Berasal dari program studi terakreditasi dan terdaftar dalam PDDIKTI

Tahap Pendaftaran :

a) Tahap 1 : Menyiapkan dokumen pendaftaran

  • Pemohon menyiapkan dokumen yang dibutuhkan yang terdiri dari Ijazah, transkrip, dan daftar riwayat hidup serta portofolio lainnya yang dimiliki oleh pemohon
  • Pemohon menyiapkan transkrip nilai dari perguruan tinggi asal disertai keterangan uraian isi masing masing mata kuliah atau capaian pembelajaran mata kuliah yang disahkan oleh pejabat berwenang (setingkat Wakil Dekan Bidang Akademik/Wakil Direktur Bidang akademik.

b) Tahap 2 : Mengajukan lamaran alih kredit

  • Pemohon mengisi dokumen usulan mengikuti kegiatan RPL (Form A1) yang disediakan
  • Pemohon mengisi biodata diri sesuai dengan Form A3
  • Pemohon mengisi mata kuliah yang telah ditempuh dari hasil studi pada jenjang pendidikan sebelumnya (Form A4) dan disahkan oleh pejabat yang berwenang di perguruan tinggi asal (setingkat dekan/pembantu direktur)

c) Tahap 3 : Pengiriman dokumen pendaftaran

  • Pemohon mengajukan lamaran program lanjut jenjang dengan mengupload berkas pendaftaran pada link berikut : bit.ly/lanjutjenjangpolinela
  • Berkas lamaran yang terdiri dari : 1. Formulir Pendaftaran (Form A1) : download 2. Formulir Daftar Riwayat Hidup (Form A3) : download 3. Deskripsi Mata Kuliah (Form A4) : download 4. Foto Copi Ijasah 5. Foto Copi Transkrip 6. Foto Kopi KTPDikirimkan ke : Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Lanjut Jenjang Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Politeknik Negeri Lampung Jl Soekarno Hatta No 10 Rajabasa Bandar Lampung Kode Pos 35144 Telepon (0721) 703995 Fax (0721) 787-309

Jadwal :

NOURAIANTANGGAL
1Waktu Pendaftaran12 Juni – 20 Juli 2023
2Mengevaluasi berkas alih kredit21 – 30 Juli 2023
3Menerbitkan surat keputusan alih kredit31 Juli – 4 Agustus 2023
4Registrasi mahasiswa baru jalur RPL/alih transfer7 – 16 Agustus 2023

Pilihan Program Studi :

  1. S1 Terapan Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura
  2. S1 Terapan Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan
  3. S1 Terapan Teknologi Produksi Ternak
  4. S1 Terapan Teknologi Pembenihan Ikan
  5. S1 Terapan Agribisnis Pangan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *